slf

Apa Aja Persyaratan SLF ?

slf
slf

SLF, Persyaratan fungsi bangunan gedung meliputi dua pemenuhan, yaitu persyaratan administrasi dan teknis. Persyaratan administrasi bangunan meliputi status hak atas tanah, status kepemilikan bangunan, dan IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Sedangkan persyaratan SLF teknis meliputi persyaratan tata bangunan dan struktur bangunan.

Persyaratan administrasi SLF

Persyaratan pengajuan SLF pada tahun 2021 untuk bangunan antara lain:

  1. Status hak atas tanah yang dapat dibuktikan dengan bukti status hak atas tanah atau surat perjanjian pemanfaatan jika pemilik bangunan bukan pemegang hak atas tanah

  2. Status kepemilikan bangunan dilengkapi dengan KTP pemilik

  3. IMB (Izin Mendirikan Bangunan) atau PBG (Izin Mendirikan Bangunan)

  4. Surat Permohonan Fungsi Bangunan, dan

  5. As-Built Drawing

Persyaratan teknis

Sedangkan persyaratan teknis bangunan akan ditinjau melalui tata letak bangunan dan bangunan. Persyaratan desain bangunan antara lain sebagai berikut:

  1. Persyaratan peruntukan bangunan gedung adalah kesesuaian fungsi dengan peruntukan dalam rencana tata ruang kabupaten/kota, rencana rinci tata ruang kabupaten/kota, serta rencana bangunan dan lingkungan.

  2. Persyaratan intensitas bangunan, yang meliputi kepadatan, tinggi, dan jarak bebas bangunan.

  3. Persyaratan arsitektur bangunan, yang meliputi penampilan, tata ruang, keseimbangan, keserasian, dan keserasian bangunan dengan lingkungannya.

  4. Persyaratan pengendalian dampak lingkungan adalah persyaratan lingkungan untuk bangunan gedung sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sedangkan persyaratan bangunan yang akan ditinjau meliputi keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan. Dalam hal ini, tim technical review akan melihat struktur bangunan, proteksi bahaya atau keselamatan bencana, sistem penerangan, air bersih, sanitasi, prasarana dan sarana penggunaan bangunan, serta hal-hal teknis lainnya.

baca juga : Manfaat SLF Untuk Bangunan Gedung

Sedangkan untuk bangunan gedung yang dari hasil pemeriksaan laik fungsi tidak memenuhi persyaratan, SLF tidak dapat diberikan dengan catatan titik-titik yang harus diperbaiki atau diselesaikan sampai memenuhi persyaratan laik fungsi.

Untuk memudahkan proses pengajuan ini, Anda dapat menggunakan jasa PT Eticon Rekayasa Teknik sebagai konsultan SLF dan manajemen konstruksi. Selain itu, sebelum memulai proses pembangunan gedung, pengembang harus memiliki dokumen pelaksanaan gedung.

Dokumen pelaksanaan merupakan dokumen rencana teknis berupa gambar bangunan (As-Built Drawing), struktur bangunan, dan gambar utilitas/pemasangan terpasang. Agar persyaratan yang harus dilengkapi semakin valid, cek juga dengan menghubungi instansi terkait untuk mengajukan Sertifikat Laik Fungsi.

Pentingnya SLF juga tidak terlepas dari sanksi yang diberikan. Pemilik bangunan gedung yang melanggar ketentuan ini dapat dikenakan sanksi mulai dari pengguna, pencabutan, hingga sanksi. Untuk itu segeralah Sertifikat Kegunaan Bangunan, yang dapat diperoleh dengan bantuan konsultan SLF yang terpercaya.

baca juga : Penafsiran serta Arti dari mandor serta Apa Saja Tugasnya