Kupas Tuntas SIMBG | Konsultasi SLF | HUB +62 813-8080-1113

SIMBG PBG IMB

Mari Bahas SIMBG Sampai Tuntas

SIMBG atau kepanjangan dari Sistem Informasi Managemen Bangunan Gedung merupakan sebuah kemudahan pelayanan bagi masyarakat  yang disajikan dalam sistem berbasis website, sistem ini dianggap sangat membantu pemerintah kabupaten/kota dalam penyelanggaraan pembangunan gedung.

Selain itu SIMBG juga bisa membantu unuk pengajuan Surat Bukti Kepemilikan Bangunan Gedung, pendataan kepentingan bangunan serta untuk perizinan pembongkaran dan renovasi.

Sistem Informasi Mengenai Bangunan Gedung merupakan sistem yang bisa digunakan oleh pemohon yang memerlukan data seperti SLF, PBG, IMB,RTB, SBKBG, dan pendataan informasi seputar penyelenggaraan gedung lainnya.

Sistem ini pun dapat digunakan oleh perangkat daerah yang ada dibidang pengurusan perizinan dan juga pelayanan terpadu satu pintu.

Selain itu SIMBG juga bisa digunakan oleh perangkat daerah  yang ada dibidang urusan bangunan gedung.

Dengan adanya sistem SI MBG sebenarnya diharap bisa menertibkan dan membuat izin bangunan gedung menjadi lebih transparant.

Selain itu dengan adanya SIMBG ini bisa memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat dalam persoalan izin penyelenggaraan bangunan gedung.

baca juga : Penjelasan Tuntas Mengenai SLF

 

Kapan Bisa Mengajukan SIMBG?

Pemohon diwajibkan untuk menggunakan SIMBG ketika akan melakukan proses PBG.

Dalam menu “pemohon” dalam laman tersevut telah djelaskan bahwa pemohon merupakan perorangan atau badan yang mengajukan permohonan terkait RTB, SLF, PBG, SBKBG atau yang ingin melegalkan bangunannya.

Dalam melakukan pelaksanaannya bagi penyelenggara bangunan gedung dengan simbg maka pemohon bertanggung jawab untuk:

  1. Pemohon melengkapi data dan dokumen teknis permohonan.
  2. Bila ada tagihan, pemohon membayar retribusi daerah yang telah ditetapkan.
  3. Pemohon menyampaikan informasi jadwal dan tanggal mulai pembongkaran kepada dinas teknis melalui SIMBG pada tahap pembongkaran bangunan gedung.
  4. Bila diperlukan konsultasi perencanaan atau pembongkaran bangunan gedung diharap untuk dihadiri oleh pemohon.
  5. Bila diperlukan, pemohon mendaftarkan akun perencanaan konstruksi, pelaksana pembongkaran perencana pembongkaran dan pelaksana konstruksi.
  6. Pemohon menyampaikan informasi jadwal dan tanggal mulai pelaksanaan konstruksi melalui sim bg kepada dinas teknis pada tahap pembongkaran bangunan gedung.

Yang Perlu Diperhatikan saat Pengajuan SIMBG

SIMBG

Bagi anda yang akan melakukan permohonan untuk mendaftarkan bangunannya melalui SI MBG  permohonan yang bisa diajukan terkait PBG, SBKBG, SLF, RTB atau bisa melengkapi informasi di web SI  MBG, yaitu:

  1. Data Pemohon atau Pemilik
  2. Data Bangunan Gedung, dan
  3. Dokumen Rencana Teknis.

Setelah Data Bangunan Gedung yang telah diunggah di SIMBG secara otomatis akan terbit Nomor Induk Bangunan Gedungnnya dengan format penomoran pk-kk-cc-nnnn, dengan penjelasan sebagai berikut:

pp: provinsi tempat bangunan berada;

kk: kabupaten/kota bangunan berada;

cc: kecamatan bangunan berada; dan

nnnn: nomor urut pendataan bangunan.

 

Hubungi Kami melalui sosial media kami dibawah ini:

           

Info Penting:

Mari Bahas Apa Itu Audit Struktur Secara Tuntas!
Pembahasan Tuntas PBG Terupdate
Penjelasan Lengkap Tentang Sertifikat Laik Fungsi (SLF)
Audit Energi Gedung, Apakah Penting?